5 Ceramah Tentang Bulan Ramadhan Terbaru untuk Anak SD

5 Ceramah Tentang Bulan Ramadhan Terbaru untuk Anak SD
Ilustrasi anak sedang mengaji. Sumber Foto: (pexels.com/Mukhtar Shuaib Mukhtar)
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Bulan suci ramadhan identik dengan melakukan amalan. Sehingga tidak ada salahnya untuk mengetahui ceramah tentang bulan ramadhan terbaru untuk anak SD. Bulan suci Ramadhan bagi umat Islam adalah bulan yang penuh kemuliaan  yang mewajibkan umat-Nya untuk meningkatkan ibadah.

Salah satunya adalah dengan melakukan dakwah ajaran Islam lewat ceramah atau kultum. Nah, berikut ini 5 contoh ceramah tentang bulan ramadhan terbaru untuk anak SD yang melansir dari berbagai sumber dan detik.com

1. Ceramah singkat ramadhan – hikmah puasa

Assalamualaikum wr, wb.

Pertama-tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT sehingga kita dapat berkumpul dalam kondisi sehat walafiat.Shalawat serta salam senantiasa tidak lupa kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW.

Baca Juga:Cerita Margot Robbie yang Heran Kenapa Naskah Film Barbie Jadi Kenyataan5 Film Bioskop Terbaru April 2023, Dari Horor Sampai Komedi!

Hadirin sekalian yang saya hormati dan sayangi. Lewat kesempatan ini, saya akan coba membawakan ceramah tentang “Hikmah Bulan Puasa”. Dalam hadis dijelaskan:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang berkah. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia terhalang mendapat sesuatu yang besar.” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i)

Hadirin sekalian yang saya hormati dan cintai, Sudah jelas bahwa bulan Ramadhan mempunyai banyak hikmah yang bisa kita petik. Salah satunya kita bisa meningkatkan kadar ketakwaan kepada Allah SWT. Selain itu puasa juga mampu menyadarkan kita untuk selalu terus berusaha dekat dengan Allah SWT. untuk menjadi hamba yang bertakwa.

Semoga kita semua bisa menjadi umat yang shalih-shalihah dan mampu melestarikan dasar-dasar pilar agama dengan teguh serta istiqomah.

Wassalamualaikum WR. WB.

2. Ceramah singkat ramadhan – Jujur

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Hadiri yang saya hormati dan cintai, tahukah kalau berpuasa di bulan Ramadhan tidak hanya untuk menahan diri dari makan dan minum saja?Puasa berasal dari kata shaum yang berarti menahan diri, tapi secara istilah berarti menahan diri dari hawa nafsu, termasuk makan dan minum.

0 Komentar