Puskesmas Kalijati Buka Layanan PDP HIV/AIDS

Puskesmas Kalijati
0 Komentar

SUBANG-Puskesmas Kalijati membuka layanan Perawatan, Dukungan dan Pengobatan (PDP) HIV/AIDS pada tahun 2023. Kepala Puskesmas Kalijati H Tatang Hidayah SKM MSi menuturkan, sudah memiliki tim yang menangani layanan tersebut.

“Alhamdulillah kita mempunyai tim yang menangani kasus tersebut baik, dokter, petugas program, laboratirium dan administrasi,” ungkapnya kepada Pasundan Ekspres, Kamis (22/6).

Dengan adanya layanan PDP HIV/AIDS ini, maka program penanganan kasus HIV ini berjalan dengan baik, bisa cepat menemukan dan cepat mengobati.

Baca Juga:Nikmati Lezatnya Makan Sambal Bakar Kajojo KalijatiKPU Didorong Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu

“Maka dari itu, pendukung jalannya program PDP HIV dalam menemukan dan mengobati dibentuklah klinik Kamasutra. Dalam pengobatan itu terdapat pemberian bimbingan, arahan, obat dsb. sudah disiapkan untuk pelayanannya,” jelasnya.

Puskesmas Kalijati juga dibantu dan bekerjasama dengan LSM yang konsen pada kasus HIV/AIDS dalam menemukan kliennya. Seperti, Female plus dan Persatuan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI).

“Serta dibantu juga oleh pihak puskesmas lain yang merujuknya klien HIV ke puskesmas Kalijati,” katanya.

Kemudian, untuk polemik kesehatan pada masyarakat khususnya keluarga seperti posyandu posbindu mulai diawali dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

“Dengan PIS-PK itu, kita bisa melihat bagaimana derajat strata kesehatan khususnya di wilayah Kalijati,” ujarnya.

“Karena di situ ada kriterianya, sehat, pra-sehat dan tidak sehat. Kebetulan Puskesmas Kalijati hampir 60 persen pada posisi pertengahan, jadi untuk yang tidak sehatnya tidak terlalu banyak,” ujarnya.

Akan tetapi, pihak puskesmas tetap memprioritaskan yang tidak sehatnya dengan program-program nasional. Seperti program KIA dan PTM yang sudah adanya inovasi.

Baca Juga:Pokdarwis Gandeng Pemdes Gali Potensi Wisata di Kampung NgantaiSDN RA Kartini Optimis Lolos Adiwiyata Tingkat Provinsi

Kepala Puskesmas Kalijati turut mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu. “Alhamdulillah saya ucapakan terima kasih kepada lintas sektor, terutama ibu camat, kapolsek, danramil, kepala UPT dan kepala desa,” pungkasnya.(sat/ysp)

0 Komentar