Syiar Syair Sastra, Ekspresi Sastra di Ruang Publik, Kolaborasi Tiga Pegiat Seni dan Sastra Purwakarta

Pegiat Seni dan Sastra
0 Komentar

Memanfaatkan momen Car Free Day Situ Buleud di area Taman Air Mancur Sri Baduga pada setiap Minggu pagi, sekelompok pegiat seni dan sastra menggelar lapak apresiasi sastra bagi masyarakat umum.

ADAM SUMARTO,
Purwakarta

KEGIATAN yang dinamai Syiar Syair Sastra tersebut diinisiasi Rumah Kata Sang Ilalang, komunitas kreatif yang turut peduli pada pembinaan dan perkembangan seni sastra di Purwakarta binaan Nana Supriana.

Tak sendiri, Rumah Kata Sang Ilalang berkolaborasi bersama Sanggar Sastra Purwakarta binaan Rudy Aliruda, dan Komunitas Seni Lampu Merah binaan Ali Novel.

Baca Juga:Sekoper Cinta Bangun SDM Perempuan MandiriNongkrong Asyik di Naura Coffee & Eatery

Kegiatan berisi berbagai penampilan berupa pembacaan puisi, musikalisasi puisi, mendongeng, teatrikal, dan sebagainya.

Sebagaimana yang terlihat pada Minggu (24/9) pagi lalu, tepatnya di seberang Gerbang Barat Taman Air Mancur Sri Baduga yang merupakan titik lapak kegiatan Syiar Syair Sastra berada.

Tampak sekelompok orang tengah berkumpul menyimak dan menyaksikan pembacaan puisi dan musikalisasi puisi yang disajikan satu demi satu oleh para penampil yang hadir mengisi acara.

Dengan berbekal satu set perangkat pelantang suara, cukup membuat suasana sekitar jalanan bertambah hangat dan meriah dinikmati secara langsung oleh para pengunjung yang sengaja dating mengisi waktu senggang akhir pekan di area Car Free Day Situ Buleud Purwakarta.

Tampak beberapa pengunjung yang berlalu-lalang turut merespons pertunjukan terbuka tersebut. Dari yang sekadar melihat sepintas sambil memperlambat langkahnya hingga yang tertahan beberapa saat sambil berdiri.

Bahkan tak sedikit yang sengaja duduk menyaksikan dengan saksama di depan lapak pertunjukan. Tak jarang pula ada yang sampai memberanikan diri berpartisipasi tampil untuk membacakan puisi secara spontan.

Nana Supriana, pembina Rumah Kata Sang Ilalang, selaku salah satu pengelola kegiatan mengaku mendapat kebahagiaan ketika dapat berbagi kegembiraan bersama orang-orang yang turut senang pada aksi ekspresi sastra yang digelarnya.

Baca Juga:Baru 11 Desa Usulkan Anggaran Pilkades Serentak, Pemda Subang Siapkan Rp4,7 MiliarSMKN 1 Subang Salah Satu Sekolah Kejuruan Terbaik, Miliki Banyak Fasilitas dan Prestasi

“Melalui kegiatan Syiar Syair Sastra mencoba berbagi kebahagiaan melalui karya-karya puisi yang saya tulis dan karya puisi penulis lainnya. Ada literasi sastra yang coba kami tawarkan kepada masyarakat Purwakarta secara umum. Siapa pun boleh ikutan, turut mengapresiasi dan berekspresi dalam seni, musik, sastra, khususnya puisi dan karya prosa,” kata Nana.

0 Komentar