MTsN 1 Subang Jadi Sekolah Favorit, Miliki Fasilitas dan Ekskul Lengkap

MTsN 1 Subang
0 Komentar

SUBANG-Madrasah Tsanawiyah atau disingkat MTs merupakan jenjang pada pendidikan formal di Indonesia berbasis agama Islam yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Terdapat beberapa MTs yang ada di Kabupaten Subang baik negeri maupun swasta, salah satunya adalah MTsN 1 Subang.

MTsN 1 Subang berlokasi di No 26 Jl. Arief Rahman Hakim Kelurahan Cigadung Kecamatan Subang. Letak Madrasah ini cukup strategis karena berada di pusat kota, selain itu dalam hal keamanan, lokasi madrasah terbilang kondusif serta aman karena berdekatan dengan kantor Polres Subang dan kantor Kodim 0605 Subang.

Baca Juga:Racik Sendiri di Satuan Kopi SubangJaga Jaringan Listrik dari Ancaman Pohon Tumbang, PLN Ajak Masyarakat Selalu Waspada

Hal tersebutlah yang membuat madrasah ini menjadi pilihan favorit orang tua yang ingin anaknya bersekolah di lingkungan islami dan berkualitas.

“Madrasah Tsanawiyah Negeri Subang sebenarnya merupakan alih fungsi dari PGAN (Pendidikan Guru Agama Negeri) 4 tahun yang telah berdiri sejak tahun 1964. Untuk tanggal beridirinya MTsN Subang adalah 16 Maret 1978,” ucap Wakasek Kurikukulm MTsN 1 Subang, Asep Amanu Sidik.

Dulu tempat ini berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata sebelah Mesjid Assalam Subang. Lalu, sekitar tahun 1980 madrasah ini pindah ke alamat saat ini karena di tempat yang lama kurang refresentatif untuk tempat lembaga pendidikan.

Kemudian pada tahun 2015 berdasarkan KMA Nomor 212 Tahun 2015 Tanggal 27 Juli 2015, MTsN Subang berubah nama menjadi MTsN 1 Subang.

MTsN 1 Subang memiliki jumlah pendidik sebanyak 50 orang beserta Kepala Sekolah dan 6 tenaga kependidikan, dengan 27 rombongan belajar yang dibagi kepada 3 jenjang dengan jumlah siswa sebanyak 650 orang.

“MTsN 1 Subang juga memiliki motto yaitu “Berkah” yang merupakan singkatan dari Berilmu, Ramah, Kreatif, Agamis, dan Harmonis,” ucap Asep.

Adapun fasilitas yang tersedia di MTsN 1 Subang antara lain, ruang belajar, ruang guru, ruang tata usaha, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan voli, perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium komputer, masjid, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:Calon Kepala Desa Telah Miliki Nomor UrutKompak Hijaukan Sungai Cibuaya Kabupaten Karawang

Ada juga ekstrakulikuler yang bisa menjadi pilihan siswa di MTsN 1 Subang, diantaranya paskibra, marching band, futsal, silat, palang merah remaja (PMR), jurnalistik, tahfidz, hadroh, dan lain sebagainya.

0 Komentar