oleh

Objek Wisata di Turki Selain Cappadocia, Nomor 1 dan 7 Pasti Suka

WISATA – Turki merupakan salah satu destinasi wisata yang saat ini tengah naik daun. Sebab terdapat sejumlah daya tarik yang mempunyai nilai sejarah tersendiri di negara tersebut.

Apabila kita ingin berwisata ke Turki, hal pertama yang wajib kita tentukan ialah maskapai yang tepat untuk penerbangan ke negara itu. Salah satu maskapai paling recommended ialah Turkish Airlines.

Di bawah ini ada delapan rekomendasi objek atau tempat wisata yang indah dan megah di Turki seperti dihimpun via Fin.

Objek Wisata di Turki Selain Cappadocia, Nomor 1 dan 7 Pasti Suka

  1. Istana Topkapı

Bangunan peninggalan sejarah yang menjadi tempat tinggal resmi Sultan Utsmaniyah tersebut diketahui sudah berumur ratusan tahun. Bangunan utamanya berarsitektur megah, kompleks istana pun diisi oleh bangunan-bangunan kecil bekas hunian warga pada zaman itu.

Istana ini adalah salah satu bukti peninggalan era kejayaan umat muslim. Memiliki suasana yang indah, terdapat daya tarik utama yang terdapat di sini, yakni jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW.

Bangunan yang masuk ke dalam area Wilayah Bersejarah Istanbul ini telah menjadi museum sejak tahun 1924. Faktanya, destinasi ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO, lho!

  1. Grand Bazaar

Lokasinya ada di Istanbul, Grand Bazaar adalah salah satu tempat wisata yang populer untuk para wisatawan yang berkunjung di Turki.

Terdapat sejumlah barang yang dijual di pasar tertutup tertua dan terbesar di dunia ini.

Kita dapat membeli sejumlah cinderamata khas Turki, mulai dari kerajinan karpet, lampu, keramik, perhiasan, bantal, hingga produk makanan.

Tteapi, kita sebaiknya merencanakan barang yang akan kita beli terlebih dahulu sebelum berkunjung. Lantaran, Grand Bazaar merupakan pasar yang sangat luas dan tidak cukup sehari untuk mengeksplor satu persatu kios yang tersedia.

BACA JUGA: Mirip Cappadocia di Serial Layangan Putus, Inilah Wisata Balon Udara Di Bandung dan Ciater Subang

  1. Basilica Cistern

Selain istana, terdapat daya tarik lain yang cukup unik di Istanbul, yaitu Basilica Cistern. Bangunan ini dulunya merupakan lokasi penyimpanan air bersih di bawah tanah untuk istana raja Byzantium.

Pada waktu pertama kali melangkahkan kaki di sini, Anda akan menemui pintu masuk yang tampak sederhana dari luar. Tetapi, setelah ktia masuk, maka akan disuguhkan arsitektur megah nan bersejarah ala Turki. Pilar-pilar marmer menjulang tegak dengan ukiran menakjubkan berbentuk kepala Medusa.

Kemudian, kita akan bertemu lantai yang tergenang air dengan ikan-ikan karper yang berenang di ‘kolam lantai’ ini.

Objek Wisata di Turki Selain Cappadocia, Nomor 1 dan 7 Pasti Suka

  1. Menara Galata

Landmark kota Istanbul yang satu ini mempunyai bentuk menara tua yang terbuat dari batu setinggi 66 meter dan berdiameter 16 meter. Bentuk ujung menaranya ialah kerucut silinder.

Konon kabarnya, menara ini dulunya merupakan lokasi untuk mengawasi pertahanan kota. Setelah itu, menara ini pernah beralih fungsi menjadi tempat untuk melihat sumber kebakaran yang terjadi di kota Istanbul.

Akan tetapi, menara ini sempat mengalami beberapa periode kerusakan karena berbagai macam akibat, termasuk kebakaran dan badai. Kemudian, menara ini mengalami restorasi beberapa kali hingga berdiri menjulang dengan tegak dan dibuka untuk tempat wisata seperti sekarang.

Di sini, kita dapat menyaksikan situasi distrik Galata dari ketinggian. Bahkan, kita diperbolehkan naik hingga ke puncaknya.

BACA JUGA: Lima Bangunan Tertua di Dunia Yang Masih Kokoh

  1. Selat Bosporus

Agar dapat menikmati keindahan selat yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Marmara ini, kita bisa menuju ke Jembatan Bosphorus atau Jembatan Fatih Sultan Mehmet dan memandang keindahannya dari atas.

Di samping itu, kita juga bisa memilih opsi untuk naik kapal menyusuri Selat Bosphorus dengan jarak tempuh tertentu.

Suasana selat akan tampak menawan di kala senja dan malam hari. Pada malam hari, lampu-lampu kota sekaligus lampu kapal akan menghias sekeliling selat ini.

  1. Kuil Artemis

Jika kita tertarik untuk menyaksikan reruntuhan bangunan kuil peninggalan bangsa Yunani, Kuil Artemis adalah destinasi yang cocok.

Pada waktu dulu, bangunan ini dibangun oleh Efesus dari kekaisaran Persia untuk Artemis, dewi perburuan, alam dan hewan liar, serta perawan dalam kepercayaan masyarakat Yunani.

Untuk menelusuri tempat ini, ada baiknya Anda ditemani oleh tour guide karena area kuil sangat luas dan kompleks untuk ditelusuri seorang diri, apalagi jika Anda pertama kali datang ke sini.

  1. Museum Seni Turki dan Islam

Bagi pecinta wisata museum, Museum Seni Turki dan Islam bisa menjadi pilihan objek wisata yang bagus. Pasalnya, tempat ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang berkaitan dengan Turki dan Islam di Turki.

Letaknya ada di wilayah Sultan Ahmet Square, Istanbul, museum ini dulunya adalah bagian aula dari bangunan istana milik Pargalı Ibrahim Pasha, seorang wazir agung dari sultan Kesultanan Utsmaniyah, Suleiman I.

Di sini, kita dapat menemukan berbagai jenis koleksi sejarah yang menarik. Koleksi tersebut meliputi kaligrafi, ubin, karpet, serta pajangan etnografi ala Turki lainnya. Kabarnya, museum ini merupakan museum pertama di Turki yang mengumpulkan seluruh seni Islami di Turki.

  1. Kota Tua Phaselis

Phaselis merupakan kota tua peninggalan bangsa Romawi dan Yunani yang letaknya di distrik Kemer, Antalya, Turki. Sesuai dengan namanya, kita dapat menyaksikan reruntuhan kota kuno yang kini tidak lagi berpenghuni.

Di sini, kita dapat melihat peninggalan peradaban kuno berupa bangunan saluran air buatan, bak mandi kecil dan besar, teater, hingga pelabuhan. Untuk berkunjung ke sini, kita perlu menempuh jalur laut menggunakan kapal. (Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.