Yon Armed 9/155/GS Percantik Situ Cikamar

Yon Armed 9/155/GS
0 Komentar

PURWAKARTA-Batalyon Armed 9/Pasopati atau Yon Armed 9/155/Gerak Sendiri (GS) memprakarsai gerakan kolaborasi “Jumat Bersih” yang melibatkan unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, serta masyarakat.

Adapun sasaran Jumat Bersih yang digelar Jumat, 5 Mei 2023 ini, adalah Situ Cikamar yang berlokasi di Kampung Tanjung Garut, Desa Cisaat, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta.

Danyon Armed 9/155/GS Letkol Arm Dian Akhmad Arifandi mengatakan, gerakan kolaborasi Jumat Bersih merupakan bagian dari program Cakra Jawara (Jaga Wilayah Nusantara).

Baca Juga:Puskesmas Lembang Perlu Peningkatan SDMDapil V jadi Arena Pertarungan Enam Parpol

“Kami merupakan bagian dari satuan Kostrad yang memiliki kekuatan Cakra. Dan kegiatan ini merupakan salah satu dari program Cakra Jawara. Kita jaga lingkungan, jaga masyarakat, jaga persatuan dan kesatuan sehingga aman sentosa, makmur sejahtera,” kata Danyon melalui rilisnya, Ahad (7/5).

Melalui Jumat Bersih ini, sambungnya, pihaknya bersinergi dengan semua pihak, tak hanya membersihkan lingkungan di Situ Cikamar, tapi juga menggali potensi situ ini, di antaranya sebagai destinasi wisata.

“Ke depan, Jumat Bersih ini bisa berlangsung secara rutin dengan sasaran berbeda. Tak melulu tempat wisata, tapi juga fasilitas publik lainnya termasuk rumah ibadah hingga kuburan,” ujar Danyon.

Senada disampaikan Kades Cisaat Ahya. Dirinya menyebutkan, keberadaan Situ Cikamar cukup vital untuk pengairan. Karenanya, sambung dia, kebersihan lingkungan di Situ Cikamar harus terpelihara.

“Alhamdulillah kami sampaikan terima kasih kepada jajaran Yon Armed 9/Pasopati yang telah menginisiasi kegiatan ini. Masyarakat kami juga antusias menyambut dan ikut terlibat dalam kegiatan Jumat Bersih ini,” ucap Ahya.

Hal yang sama disampaikan Camat Campaka Ade Sumarna. Pihaknya mengapresiasi Yon Armed 9/Pasopati yang memiliki perhatian lebih dalam menjaga lingkungan di Kabupaten Purwakarta, khususnya di Kecamatan Campaka.

“Ini wujud nyata kehadiran sinergitas TNI dan Polri di tengah-tengah masyarakat. Juga wujud dari program Cakra Jawara. Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan Jumat Bersih ini,” katanya.

Baca Juga:Imbau Warga Waspada Tanah Longsor SusulanUpaya Ponpes Al-Muhajirin Tanamkan Cinta NKRI

Sementara itu, dua tokoh masyarakat setempat, H. Oman dan H. Encang mengatakan, eceng gondok kerap menjadi permasalahan utama di Situ Cikamar. Dengan adanya kegiatan ini jelas terasa manfaatnya.

0 Komentar